logo

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar Agar Mesin Tetap Optimal

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar – Jika dikesempatan sebelumnya, admin otovarian mengulas informasi terkait apa saja aksesoris motor dan mobil yang dijual dipasar Indonesia. Di segmen ini, admin akan mencoba membahas ulasan artikel tentang Tips Otomotif. Adapun fokus pembahasan yang akan kami lakukan yaitu terkait bagaimana Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar. Ingin tahu seperti apa, Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sudah sebuah kewajiban bagi pemilik mobil untuk memperlakukan mobil kesayangannya dengan baik. Kita tidak hanya bisa mengendarai saja, namun harus juga bisa memperlakukan mobil dengan baik supaya mobil lebih awet dan tidak sering jajan alias servis. Dan dari beberapa kasus yang kami temukan, salah satu kebiasaan yang tidak bagus yang sering dilakukan oleh pengemudi yaitu pada saat mematikan mesin mobil.

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar

adversitemens

Bagi pengemudi yang tidak tahu atau minim pengetahuan, pada umumnya ketika mematikan mesin mobil posisi pedal gas di tekan secara dalam. Padahal hal tersebut kebiasaan yang salah, meskipun secara efek tidak terasa secara langsung namun jika dilakukan terus menerus akan mengakibatkan penurunan kinerja pada mesin. Sebab ketika pedal gas di injak dalam, posisi mesin pada putaran tinggi yang membutuhkan pelumas yang banyak dan ketika dimatikan secara tiba tiba maka pelumas mobil akan berkurang dengan cepat.

Dari kurangnya pelumas mesin yang drastis mengakibatkan dinding silinder akan cepat haus sehingga kinerja mesin akan berkurang. Ya memang jika dilakukan satu atau dua kali tidak akan terasa, akan tetapi jika Cara Mematikan Mesin Mobil dengan menginjak gas dalam dalam di jadikan kebiasaan, kita tinggal menunggu waktu saja akan ada perubahan kinerja pada mesin mobil khususnya pada performa mobil yang akan menurun.

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar

Selain kebiasaan menginjak gas secara dalam, masih ada kebiasaan lain yang dapat menyababkan penurunan kinerja mesin. Oleh karena itu, untuk mencegah hal yang tidak di inginkan dan merugikan. Berikut ini kami suguhkan Tata Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar pada Mobil Matic dan Manual.

adversitemens

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar dan tidak berdampak buruk bagi performa mesin yaitu dengan membiarkan mesin mobil terlebih dahulu beberapa waktu. Tujuan dari membiarkan mesin terlebih dahulu supaya kondisi mesin dalam keadaan stabil dan rpm normal.

Dalam keadaan kondisi mesin stabil dan rpm yang normal tentu saja kinerja mesin tidak terlalu berat sehingga ketika dimatikan tidak ada part atau komponen di dalam mesin yang kaget. Dan yang perlu diketahui, untuk membuat kondisi mesin menjadi normal atau stabil tidak membutuhkan waktu yang lama jadi alangkah baiknya sedikit bersabar.

Selain menunggu kondisi mesin mobil menjadi normal, Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar yang juga perlu di ketahui yaitu mematikan semua komponen elektronik seperti system audio, lampu mobil dan ac. Adapun tujuan dari mematikan komponen elektronik pada mobil supaya aki mobil tidak cepat soak.

Kurang lebihnya itu saja yang bisa kami jelaskan kepada anda terkait Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar. Semoga saja dengan adanya pembahasan ini, bisa menambah wawasan sobat bagaimana cara merawat mesin mobil yang baik. Dan yang terpenting, kebiasaan yang kurang baik terkait mematikan mesin mobil sudah tidak dilakukan lagi.

Sebenarnya untuk menjaga kondisi mobil agar selalu baik tidak terlalu repot dan susah, yang penting kita mengikuti ketentuan yang berlaku saja. Selain bagian mesin, komponen mobil yang cukup rentan sering bermasalah yaitu aki mobil soak khususnya mobil jarang yang digunakan. Karena aki perlu pengisian yang rutin untuk menjaga kinerja tetap optimal.

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar Agar Mesin Tetap Optimal | zazie zazie | 4.5