logo

Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing Film Motor dan Mobil

Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing – Sehubungan dengan banyaknya pengunjung yang merequest kepada admin terkait ulasan Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing Film. Maka dari itu, kami akan mencoba memenuhi permintaan pengunjung dengan membahas Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing Film yang bisa pengunjung praktekan apabila ingin menyulap motor atau mobil kesayangannya agar lebih stylish dan berkarakter.

Tentunya sebelum kami menjelaskan bagaimana Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing Film, kami ingin sedikit mengulas terkait definisi Water Transfer Printing agar pembaca mengetahui dasar dari teknologi seni yang satu ini. Water Transfer Printing merupakan sebuah proses dekorasi 3D yang bisa dicetak di bagian atau objek yang kompleks. Adapun objek tersebut seperti desain geometris, Kamuflase dan lain sebagainya.

Cara Mengecat Water Transfer Printing

adversitemens

Fungsi Water Transfer Printing yaitu untuk melukis atau menghias sebuah objek pada kendaraan meskipun objek yang akan dihias memiliki tekstur yang sulit untuk dihias. Misalkan pada bagian block mesin motor, velg mobil dan bahkan helm pun bisa dilukis dengan alat hias yang satu ini. Selain pada komponen kendaraan, Water Transfer Printing ini juga bisa di aplikasikan pada jenis benda lainnya seperti logam, keramik, kayu dan plastik.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Water Transfer Printing, maka tidak heran jika banyak modifikator yang mengupgrade motor dan mobil kesayangannya dengan menggunkan teknologi hias tersebut. Salah satu Kelebihan Water Transfer Printing ini yaitu proses pengerjaan yang lebih cepat di bandingkan teknik pengecatan lainnya dengan hasil yang lebih memuaskan.

Perlengkapan Mengecat Dengan Water Transfer Printing

Terus bagaimana Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing Film pada mobil dan motor? Sebelum kami menjelaskan bagaiaman proses mengecat dengan menggunakan Water Transfer Printing Film, alangkah baiknya jika sobat menyiapkan beberapa perlengkapan dan alat dibawah ini.

adversitemens

Motif Water Transfer Printing Film

Perlengkapan pertama yang perlu disiapkan yaitu motif WTP sendiri, ya bagaimana ingin melukis motor dan mobil kesayangannya jika tidak ada WTP. Adapun untuk motif yang digunakan kami serahkan sepenuhnya pada anda.

Bak Air

Perlengkapan kedua yang perlu anda siapkan yaitu Bak Air, yang mana fungsi bak air sebagai tempat proses aplikasi pada WTP pada objek. Saran kami, lebih baik gunakan bak air dengan ukuran yang besar supaya ketika memasukan objek bisa lebih bebas.

Cairan Activator

Selain kedua perlengkapan yang sudah kami sebutkan diatas, perlengkapan lain yang wajib ada yaitu cairan activator. Yang mana cairan activator berfungsi untuk merekatkan motif WTP pada objek. Karena jika tidak menggunakan activator maka kerekatan motif tidak terlalu kuat.

Semprotan

Alat semprot udara juga termasuk perlengkapan yang wajib ada ketika ingin melukis dengan menggunakan Water Transfer Printing. Adapun untuk jenis alat semprot bisa menggunakan kompressor, sparay gun atau bahkan semprotan nyamuk atau bisa juga semprotan burung.

Air & Sarung Tangan

Fungsi dari air disini sebagai media untuk merekatkan WTP di objek supaya lebih rata. Sedangkan untuk fungsi sarung tangan sendiri untuk mencegah Pattern menempel pada telapak tangan.

Itulah beberapa alat pendukung yang harus anda siapkan ketika ingin melukis dengan Water Transfer Printing Film. Sedangkan untuk Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing Film, langsung saja anda simak baik baik tutorial caranya dibawah ini.

Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing Film

  1. Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwa Water Transfer Printing ini bisa digunakan diberbagai objek. Maka dari itu Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing yang pertama yaitu dengan memberihkan seluruh bagian objek yang akan di aplikasikan motif gambar sampai objek benar benar bebas kotoran dan dalam keadaan kering.
  2. Selain membersihkan segala kotoran yang menempel pada objek yang akan di berikan WTP, Permukaan objek juga harus halus alias tidak mempunyai permukaan kasar. Jika ada bagian yang terasa kasar, sebaiknya di haluskan terlebih dahulu supaya hasil gambar pun lebih maksimal dan yang penting lebih halus.
  3. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu dengan menyiapkan bak air yang sudah di siapkan. Usahakan wadah atau bak air berukuran yang lebih besar dari Water Transfer Printing Film agar lebih mudah pada saat menaruh objek di dalam air. Adapun untuk suhu air yang direkomendasikan 25 – 32 Celcius.
  4. Setelah semuanya sudah siap, langkah selanjutnya yakni menaruh Water Transfer Printing Film pada permukaan air dan dilanjutkan dengan menyemprot activator di seluruh bagian Water Transfer Printing jangan sampai ada yang terlewat bagiannya.
  5. Jika motif gambar sudah terlihat menyatu pada air, masukan objek secara perlahan dengan kemiringan 35 – 45 Derajat dan diamkan objek beberapa menit supaya gambar benar benar melekat pada objek.
  6. Proses yang terakhir yaitu dengan mengangkat objek lalu bersihkan dengan air yang bersih sampai benar benar bersih dan tekstur objek terasa lebih kesat. Dan untuk hasil yang maksimal semprotkan clear atau cat pelapis.

Sangat sederhana dan simple bukan Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing Film? Mungkin yang perlu diperhatikan yakni proses menaruh Water Transfer Printing jangan sampai kebalik. Lalu pemilihan Motif Water Transfer Printing juga cukup mempengaruhi hasilnya, misalkan jika objek yang akan dicat berwarna gelap sebaiknya pilih motif dengan warna yang lebih terang. Kemudian untuk melihat hasil Water Transfer Printing, silahkan lihat koleksi foto dibawah ini.

Water Transfer Printing Helm Water Transfer Printing Mesin Water Transfer Printing Motor Water Transfer Printing Velg Mobil WTP Velg Mobil

Dari beberapa foto yang kami suguhkan diatas bisa kita ketahui bahwa hasil dari Water Transfer Printing ini sangat real dan bagus. Bahkan tekstur dari gambarnya pun begitu menyatu yang hasilnya tidak kalah dengan cat airbrush. Kemudian untuk menambah visual motor dan mobil, baca juga modifikasi lampu hd pada motor dan mobil yang sudah kami bahas pada kesempatan yang sebelumnya.

Cara Mengecat Dengan Water Transfer Printing Film Motor dan Mobil | zazie zazie | 4.5