logo

Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai Agar Tidak Cepat Soak

Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai – Meskipun sekarang ini mobil menjadi kendaraan yang sangat dibutuhkan oleh sebagian orang, akan tetapi jalanan yang macet seringkali membuat orang males atau enggan menjadikan mobil sebagai kendaraan harian. Dengan ukuran mobil yang cukup besar tentu saja kurang efektif apabila kendaraan roda empat ini dijadikan kendaraan harian. Maka dari itu, banyak orang yang mempunyai mobiil namun cuma di parkirkan di garasi rumah saja.

Namun yang perlu di ingat, mobil yang jarang di gunakan bukan berarti mobil tersebut terhindar dari masalah. Justru mobil yang jarang digunakan seringkali mengalami beberapa kendala ketika akan digunakan. Aki Mobil Sowak merupakan permasalahan yang sering ditemukan ketika mobil jarang digunakan. Tentu hal ini cukup aneh, padahal posisi aki tidak bekerja sebagaimana ketika mobil sedang dikendarai atau dijalankan.

Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai

adversitemens

Pertanyaannya, kenapa mobil yang jarang dipakai bisa membuat aki mobil soak? Hal ini dikarenakan mobil yang jarang digunakan atau hanya dipanaskan membuat suplai kelistrikan tidak bisa bekerja secara maksimal atau tidak optimal sesuai dengan kebutuhan. Dan jika posisinya dibiarkan secara terus menerus, maka dalam hitungan bulan maka aki mobil akan tekor bahkan untuk yang lebih parah aki mobil akan soak.

Selain suplai listrik yang tidak maksimal, Penyebab Aki Mobil Soak yang lainnya yaitu ampere aki mobil yang terlalu kecil. Ampere mobil yang kecil tentu saja tidak bisa menopang kebutuhan arus listrik mobil yang mempunyai kebutuhan yang besar, maka dari itu jangan heran jika aki mobil cepat soak karena antara suplai listrik tidak seimbang dengan kebutuhan dari mobil itu sendiri.

Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai Agar Tidak Soak

Ada beberapa Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai supaya tidak cepat soak atau kinerjanya tetap maksimal meskipun mobil jarang digunakan. Dan berikut ini beberapa Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai yang bisa anda lakukan.

adversitemens

Panaskan Mobil Secara Rutin

Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai agar tidak soak atau rusak yang pertama yaitu dengan memanaskan mobil secara rutin. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menjaga kondisi aki mobil supaya tetap bagus, meskipun mobil jarang dipakai sebaiknya dipanaskan secara rutin supaya sistem kelistrikan tetap berjalan dengan normal.

Cek Kondisi Aki Mobil

Selain memanaskan mobil secara rutin, Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai yang selanjutnya yaitu dengan mengecek kondisi aki mobil. Adapun cara mengecek kondisi aki mobil bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama battery load tester. Dengan menggunakan alat ini akan terlihat kondisi aki, baik itu dari besaran baterai dengan melihat fitur indikator yang ada pada alat tersebut.

Periksa Terminal Aki Mobil

Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai ketiga yang bisa dilakukan yaitu memeriksa terimal aki mobil. Seperti yang kita ketahui, klep atau terminal aki terdapat penghubung kutub positif dan negatif. Dan permasalahan yang ada pada terminal aki mobil biasanya timbul karat, adanya karat bisa mengurangi kinerja dari aki mobil khususnya untuk penghantar daya listrik.

Hindari Kebiasaan Ini

Penyebab aki mobil yang soak ternyata bukan karena kesalahan teknis saja, melainkan juga ada beberapa kebiasaan kita yang membuat aki mobil soak. Menyalakan ac mobil pada saat kondisi mesin mati merupakan kebiasaan yang dapat membuat aki cepat soak. Maka dari itu Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai yaitu jangan menyalakan ac pada kondisi mesin mobil mati.

Sebenarnya Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai Agar Tidak Soak cukup mudah, asalkan kita mau melakukannya secara rutin dan tidak malas. Dan mulai sekarang anggapan mobil jarang dipakai namun tetap dalam kondisi baik, harus dihilangkan. Justru mobil yang jarang digunakan sangat rawan terkena masalah khususnya pada sistem kelistrikan.

Dan saran kami, meskipun mobil jarang digunakan alangkah baiknya jangan dibiarkan saja. Minimal beberapa hari sekali dicek kondisinya dan dipanaskan supaya sistem yang ada di dalam mobil bekerja. Dan untuk menambah wawasan, silahkan baca juga Cara Membersihkan Evaporator AC dan Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Kusam.

Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang di Pakai Agar Tidak Cepat Soak | zazie zazie | 4.5