logo

Cara Mudah Mengatasi Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok

Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok  – Honda CB150 R Streetfire termasuk motor naked bake yang di bangun dengan spesifikasi mesin yang cukup unggul. Kapasitas mesin 150cc yang dibenamkan pada motor tersebut, membuat motor naked bake honda ini memiliki performa yang cukup mumpuni khususnya dalam saat akselerasi. Dari hasil uji coba, Motor CB150 R Streetfire ini bisa berlari pada kecepatan maksimal 16.9 PS/ 9,000 rpm dengan torsi puncak 13.8 Nm/ 7,000 rpm.

Selain mampu mengeluarkan performa yang gahar dan bertenaga, Kelebihan Mesin CB150R Streetfire ini pun telah dilengkapi dengan teknologi injeksi pada sistem bahan bakar. Dengan adanya teknologi tersebut, motor naked bake honda ini tidak hanya mampu menunjang performa yang gahar namun juga mampu memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan hasil bahan bakar yang lebih sempurna.

Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok

adversitemens

Meski spesifikasinya yang cukup unggul dan memiliki beberapa kelebihan, namun ternyata di lapangan tidak sedikit konsumen yang mengeluhkan beberapa kendala pada motor naked bake honda ini. Salah satu problem yang paling banyak dikeluhkan oleh konsumen yaitu Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok. Masalah tersebut pada umumnya di rasakan setelah jarak tempuh sejauh diatas 1500Km.

Dan permasalahan Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok kami dapatkan tidak hanya dari rumor saja, melainkan pengalaman admin sendiri kebutulan admin menggunakan Honda CB150R Streetfire dan bunyi klotok klotok pada mesin sering terjadi dan hal tersebut cukup menganggu ketika motor sedang dipanasin.

Dari masalah tersebut, admin mencoba menganalisis dan konsultasi dengan mekanik sehingga menemukan beberapa Penyebab Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok. Berikut kami jelaskan Penyebab Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok yang bisa diketahui.

adversitemens

Penyebab Bunyi Klotok Klotok Mesin Honda CB150 R

Dari hasil analisis dan pembalajaran yang dilakukan para mekanik Honda, Penyebab Bunyi Klotok Klotok Mesin Honda CB150R yaitu karena tensioner yang kurang pas atau mengendur. Arti mengendur disini yaitu tensioner kurang mampu mengimbangi kinerja mesin.

Mungkin untuk anda yang tidak tahu apa itu Tensioner, kami akan mencoba menjelaskannya. Tensioner merupakan komponen pada mesin yang berfungsi menjaga ketegangan rantai keteng sesuai yang dibutuhkan engine atau mesin.

Sedangkan untuk cara kerja tensioner yakni setiap penekan tensioner akan mendorong batang penegang jika rantai keteng mulai mengendor. Dan uniknya batang penegang pada tensioner ini hanya diseting maju saja alias tidak bisa mundur.

Kurang lebihnya itu saja yang bisa kami share kepada anda terkait Penyebab Bunyi Klotok Klotok Pada Mesin CB150R StreetFire. Pertanyaannya, terus bagaimana Cara Mengatasi Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok? Jika ingin mengetahui lebih jelasnya, baca dibawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok

Cara Mengatasi Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok pertama yang admin lakukan yaitu dengan mensetting tensionernya. Setelah disetting memang seketika bunyi klotok klotok langsung hilang dan suara mesin terasa lebih halus. Akan tetapi setelah 3 hari kemudian ternyata bunyi klotok klotok pada mesin kembali muncul sehingga memaksa kita untuk menganalisis lebih dalam lagi.

Setelah sharing pada beberapa teman mekanik, ada beberapa teman yang menyarankan admin untuk mengganti Tensioner bawaan dengan Tensioner Honda Karisma, alasannya Tensioner Kharisma lebih kuat kuat pegasnya jika dibandingkan Honda CB150R Streetfire. Dan admin pun mencoba menggantinya, tapi hasilnya tidak sesuai harapan. Meskipun pada saat diganti suara mesin lebih halus, tapi selang beberapa hari suara klotok klotok kembali muncul.

Pada saat itu, admin cukup pusing namun rasa penasaran semakin kuat karena ingin mengetahui Cara Mengatasi Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok. Dengan modal keyakinan dan penasaran, akhirnya kami putuskan untuk membongkar blok area silinder head. Dari situ kami mulai mengecek satu persatu dan termasuk mengukur celap klep.

Mesin CB150R Klotok Klotok

Dan setelah kami chek satu persatu, kami menemukan beberapa celah klep yang tidak wajar. Dengan hasil EX A : 0.4MM, EX B : 0.35 MM,IN A : 0.3 mm dan IN B : 0.25 mm. Dan ukuran tersebut jauh diatas celah yang dianjurkan, kami lanjutkan untuk membuka baut penutup penutup camshaft. Dan menemukan beberapa masalah lagi yaitu 8 baut camshaft tidak merata.

Setelah melakukan pembongkaran pada celah klep, kami mulai menemukan titik terang. Dimana sumber permasalahan Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok karena adanya baut dari penutup camshaft yang kendor. Maka dari itu untuk menghilangkan bunyi klotok klotok pada mesin cb150r streetfire, kami melakukan custom pada ukuran celah klep dengan ukuran Ex : 0.25 mm dan In : 0.15 mm.

Setelah kami melakukan pengecekan secara detail dengan cara membongkar celah klep, kami mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa Penyebab Mesin Honda CB150R Klotok Klotok karena torsi pada pengencangan penutup camshaft yang tidak merata, dan kebenaran tensioner termasuk part pendukung sehingga seringkali orang menganggap part tensioner sumber dari bunyi tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan kepada anda terkait Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Honda CB150R Klotok Klotok. Mudah mudahan saja adanya pembahasan ini, anda bisa mengetahui permasalahan yang ada pada mesin motor kesayangannya. Dan jika ingin mengobati permasalahan tersebut, sebaiknya dampingi orang yang sudah mahir dalam urusan membongkar mesin. Terima kasih

Cara Mudah Mengatasi Mesin Honda CB150 R Klotok-Klotok | zazie zazie | 4.5